Rabu, 22 Maret 2017

Tugas 2 Perbankan Kelompok 4


TUGAS


MANAJEMEN PERBANKAN
Produk Perbankan dan Deskripsi Jabatan

Dosen : Gita Danupranata, S.E., M.M






DISUSUN :

Abdurrahman Rais N (20150410206)

Azis Burhannudin (20150410135)

Rijal Jundiy Khoirussafar (20150410327)

M. Devangga Effendy (20130410536)
M. William Yoga P (20150410012)


PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TAHUN 2017



Produk
Bank Mega Syariah
Bank Mega
Penghimpunan    
        1.      Deposito Plus iB
        2.      Tabungan Bisa iB
        3.      Giro Utama iB
        1.      Deposito
        2.      Tabungan
        3.      Giro
Penyaluran
  1. KRP Utama iB
  2. KPM Utama iB
  3. Multi Guna iB
  4. Multi jasa iB
  5. Pembiayaan Bisnis Modal Kerja
  6. Gadai Syariah iB
  7. Bank Garansi iB
  8. PRK Syariah iB
  9. Mega Syariah Card
1. Mega GUNA (Kredit Multi Guna)
2.  Mega OTO (Kredit Pemilikan Mobil) 
3.       Mega GRIYA (Kredit Pemilikan Rumah) 
4.       Mega Reno 
Jasa Layanan
        1.      Mega Syariah Card
        2.    Mega SAFE DEPOSITO BOX

  1.  Mega Tranfer
  2. Mega Inkaso
  3. Mega Kliring
  4. Mega Intercity Clearing
  5. Mega SDB













TUGAS 1
A.    BANK MEGA

Penghimpunan :

Tabungan adalah sebagian pendapatan masyarakat yang tidak dibelanjakan disimpan sebagai cadangan guna berjaga-jaga dalam jangka pendek.
Deposito adalah sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan oleh bank kepada masyarakat. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa.
Giro adalah suatu istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari sistem cek. Suatu cek diberikan kepada pihak penerima pembayaran (payee) yang menyimpannya di bank mereka, sedangkan giro diberikan oleh pihak pembayar (payer) ke banknya, yang selanjutnya akan mentransfer dana kepada bank pihak penerima, langsung ke akun mereka.
Penyaluran :
  1. Mega GUNA (Kredit Multi Guna)
merupakan produk fasilitas kredit ritel konsumer yang diberikan kepada Debitur Perorangan yang memenuhi persyaratan Bank, yang tidak dapat dibiayai dengan produk fasilitas kredit konsumtif lainnya. Pengembalian kembali pinjaman dengan cara angsuran/cicilan.
Manfaat : Dipergunakan untuk membiayai Keperluan yang bersifat konsumtif, seperti keperluan biaya pendidikan, biaya pernikahan serta keperluan konumstif lainnya, yang tidak dapat dibiayai dengan produk fasilitas kredit konsumtif lainnya.
  1. Mega OTO (Kredit Pemilikan Mobil) 
merupakan produk fasilitas kredit ritel konsumer yang diberikan kepada Debitur Perorangan yang memenuhi persyaratan Bank, dengan pola pengembalian pinjaman secara diangsur/cicilan.
Manfaat : Dipergunakan untuk membiayai pembelian mobil baru atau bekas untuk dipergunakan sendiri dan bukan untuk tujuan komersial/produktif (seperti untuk angkutan penumpang, umum atau barang).
  1. Mega GRIYA (Kredit Pemilikan Rumah) 
merupakan produk fasilitas kredit ritel konsumer yang diberikan kepada Debitur Perorangan yang memenuhi persyaratan Bank, dengan pola pengembalian pinjaman secara diangsur/cicilan.
Manfaat : Pembelian, pembiayaan kembali (refinancing), pengambilan kredit (take over) atas property berupa : rumah tinggal, villa, rumah toko, rumah kantor, apartmen/rumah susun, baik baru maupun bekas, didalam ataupun diluar kawasan real estate, baik memalui Developer ataupun Non-Developer.
  1. Mega Reno 
merupakan produk fasilitas kredit ritel konsumer yang diberikan kepada Debitur Perorangan yang memenuhi persyaratan Bank, dengan pola pengembalian pinjaman secara diangsur/cicilan.
Manfaat : Pembangunan rumah tinggal, rumah toko, rumah kantor, yang berada diatas tanah kosong atau mengembangkan dan meningkatkan mutu (renovasi) rumah tinggal, rumah toko, rumah kantor, unit apartment/rumah susun yang sudah ada milik calon Debitur.

Jasa layanan :
  1. Mega Tranfer
Memberikan ekmudahan bagi nasabah untuk mengirim dana kepada penerima dana di bank lain.
  1. Mega Inkaso
Memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menagih warkat bank lain dari luar wilayah kling dan bank tersebut bukan peserta kliring dari luar wilayah.
  1. Mega Kliring
Memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menagihkan warkat bank lain peserta kliring local.
  1. Mega Intercity Clearing
Memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menagih warkat bank lain dari luar wilayah kliring local yang menjadi peserta kliring antar wilayah.
  1. Mega SDB
Perlindungan terbaik bagi yang paling berharga untuk anda.


BANK Mega Syariah
Penghimpunan :

Tabungan Utama iB adalah simpanan wadiah yang memungkinkan investasi sesuai syariah sekaligus memperoleh kemudahan mengelola dana selayaknya tabungan.
Giro Utama iB adalah rekening Koran wadiah yang kemungkinan anda mengelola dana dengan nyaman sesuai kebutuhan.
Deposito Plus iB  adalah simpanan berjangka mudharabah yang bukan hanya memberi nasabah bagi hasil yang relative tinggi, tetapi juga dapat dijadikan fasilitas jaminan untuk kebutuhan pembiayaan anda. 

Penyaluran :
1.      KRP Utama iB
Adalah fasilitas pembiayaan dengan menggunakan konsep syariah murabahah dengan angsuran sesuai kemampuan nasabah yang telah disepakati sejak awal sampai akhir masa pembiayaan sehingga memberikan ketenangan dan kepastian jumlah ketenangan dan kepastian jumlah pembayaran (angsuran) bagi nasabah.
2.      KPM Utama iB
Adalah fasilitas pembiayaan dengan menggunakan konsep syariah mubarabahah dengan angsuran sesuai kemampuan nasabah yang telah disepakati sejak awal samapi akhir masa pembiayaan sehingga memberikan ketenangan dan kepastian jumlah pembayaran(angsuran) bagi nasabah.
3.      Multi Guna iB
Adalah fasilitas pembiayaan dengan menggunakan konsep syariah mubarabahah dengan angsuran sesuai kemampuan nasabah yang telah disepakati sejak awal samapi akhir masa pembiayaan sehingga memberikan ketenangan dan kepastian jumlah pembayaran(angsuran) bagi nasabah.
4.      Multi jasa iB
Adalah fasilitas pembiayaan dengan menggunakan konsep syariah ijarah dengan angsuran sesuai kemampuan nasabah yang telah disepakati sejak awal samapi akhir masa pembiayaan sehingga memberikan ketenangan dan kepastian jumlah pembayaran(angsuran) bagi nasabah.
5.      Pembiayaan Bisnis Modal Kerja
Adalah fasilitas pembiayaan dengan menggunakan konsep syariah mubarabahah dan musyarakah dengan nasabah bagi hasil yang telah disepakati antara bank dan nasabah.
  1. Gadai Syariah iB
Adalah fasilitas pinjaman dana dengan menggadaikan barang berharga termasuk fasilitas penyimpanannya tanpa adanya tambahan pada saat pengembalian pinjaman dengan menggunakan konsep syariah qardh yaitu pinjaman tanpa tambahan dab konsep syariah ijarah yaitu perjanjian sewa tempat penyimpanan barang berharga.

  1. Bank Garansi iB
Adalah fasilitas pembiayaan dengan menggunakan konsep syariah kafalah yaitu akad penjaminan yang diberikan oleh bank mega syariah kepada pihak penerima jaminan (nasabah) atas permintaan pihak terjamin.

  1. PRK Syariah iB
Adalah fasilitas pembiayaan dengan line facility dimana penarikan dananya dapat dilakukan sewaktu-waktu melalui penggunaan rekening Koran/giro berdasarkan kebutuhan usaha nasabah yang telah disepakati menggunakan konsep syariah musyarakah dengan nasabah bagi hasil yang disepakati antara bank dan nasabah.

 Jasa Layanan :
1.      Mega Syariah Card
Merupakan fasilitas kartu ATM serbagunna nagi nasabah rekening tabungan Bank Dyariah Mega Indonesia yang dapat digunakan untuk penarikan tunai pada seluruh ATM berlogo ATM bersma dan ATM Prima serta dapat digunakan sebagai kartu debit di berbagai ukuran dan harga hemat.
2.      Mega SAFE DEPOSITO BOX
Adalah fasilitas penyimpanan barang berharga (safe deposito box) dengan berbagai ukuran dan harga hemat.

B.     Branded Bank Mega

1.      MegaDana
Mega Dana adalah tabungan dengan setoran pertama yang hanya sebesar Rp100 ribu dan mendapatkan fasilitas sweep account dan kartu Mega Pass.

2.      MegaMaxi
Mega Maxi adalah tabungan dengan setoran pertama hanya sebesar Rp500 ribu dan mendapatkan fasilitas sweep account dan kartu Mega Pass.

3.      MegaAbsolut
Mega Absolut merupakan produk tabungan antara Bank Mega dengan produk Asuransi Mega Life yang memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri secara gratis

4.      MegaUltima
Mega Ultima adalah tabungan yang menyediakan fasilitas sweep account, kartu Mega Pass, dan layanan Mega Internet, Mega Mobile, dan Mega Call.

5.      MegaValas
Mega Valas menyediakan fasilitas sweep account, fasilitas remittance dan kemudahan transaksi valas dengan menawarkan kurs yang kompetitif.

6.      MegaRencana
Mega Rencana merupakan produk tabungan berjangka bebas biaya administrasi dan gratis asuransi jiwa. Anda juga berkesempatan untuk mendapat hadiah menarik.

7.      MegaBerbagi
Mega Berbagi merupakan tabungan yang mengajak kita untuk beramal dengan dapat digunakan sebagai donasi untuk pembangunan sekolah dan anak tidak mampu.
8.      MegaPerdana

Untuk anak-anak dan kawula muda, tabungan Mega Perdana sangat cocok untuk dimiliki. Design kartu yang unik dan menarik merupakan salah satu kelebihannya.

9.      Tabunganku
Tabunganku merupakan tabungan perorangan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dengan persyratan mudah, setoran ringan, dan bebas biaya guna memudahkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


2.         TUGAS
            Deskripsi Bank MEGA
Berawal dari sebuah usaha milik keluarga bernama PT. Bank Karman yang didirikan pada tahun 1969 dan berkedudukan di Surabaya, selanjutnya pada tahun 1992 berubah nama menjadi PT. Mega Bank dan melakukan relokasi Kantor Pusat ke Jakarta.
Seiring dengan perkembangannya PT. Mega Bank pada tahun 1996 diambil alih oleh PARA GROUP (PT. Para Global Investindo dan PT. Para Rekan Investama)sebuah holding company milik pengusaha nasional - Chairul Tanjung. Selanjutnya PARA GROUP berubah nama menjadi CT Corpora.
Untuk lebih meningkatkan citra PT. Mega Bank, pada bulan Juni 1997 melakukan perubahan logo Bank Mega berupa tulisan huruf M warna biru kuning dengan tujuan bahwa sebagai lembaga keuangan kepercayaan masyarakat, akan lebih mudah dikenal melalui logo perusahaan yang baru tersebut. Dan pada tahun 2000 dilakukan perubahan nama dari PT. Mega Bank menjadi PT. Bank Mega.
Dalam rangka memperkuat struktur permodalan maka pada tahun yang sama PT. Bank Mega melaksanakan Initial Public Offering dan listed di BEJ maupun BES. Dengan demikian sebagian saham PT. Bank Mega dimiliki oleh publik dan berubah namanya menjadi PT. Bank Mega Tbk.




1.      Taller
      Teller Bank adalah seseorang yang bertugas melayani nasabah, calon nasabah, dan juga masyarakat umum dalam sebuah bank. Dalam konteks ini sejatinya bisa di katakan hampir semua teller bank memiliki peran yang sama baik
Job desk :
  1. Menyelesaikan transaksi penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah, meliputi :tabungan, pengiriman/transfer, pencairan dana/giro/cek
  2. Melakukan rekap termasuk di antaranya setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan
  3. Melayani penjualan dan pembelian valuta asing dari dan oleh nasabah.
  4. Memastikan pencapaian target bulanan Teller(pendapatan uang masuk, tiap bank berbeda2)
  5. Menjaga hubungan baik dengan nasabah termasuk perilaku baik terhadap semua nasabah
  6. Mendapatkan/mengakuisisi nasabah baru
  7. Memberikan saran produk yang tepat kepada nasabah
  8. Setelah rekap harian beres pastikan semua perlatan meja kerja anda bersih dan lengkap,biasakan melakukan pengecekan ini sebelum dan sesudah bekerja

Syarat :
1.      Ramah dan sopan
2.      Sabar dan teliti
3.      Good looking
4.      Komunikasi

Job Specification
1.         Pria atau wanita
2.          Pendidikan minimal S1
3.          Usia maksimal 28 tahun
4.          Ipk minimal 3,00
5.          Komunikatif
6.         Sehat jasmani rohani
7.         Berpenampilan menarik
8.         Bersedia menjalani ikatan dinas
9.         Dapat mengoperasikan computer
10.     Mampu berbahasa inggris dengan baik
11.     Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia


2.      Customer Service

customer service adalah seorang customer service harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan atau tamunya. Tugas customer service yaitu memberikan pelayanan yang prima dan membina hubungan baik dengan nasabah, klien atau pelanggan. Seorang customer rervice juga harus bertanggung jawab dari awal sampai akhir dari pelayanan tersebut.

Job Desk :
  1. Penerima Tamu – Dalam hal ini Seorang customer service melayani pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tamu serta memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin secara ramah, sopan, menarik dan menyenangkan. Harus selalu memberi perhatian, bicara dengan suara jelas serta lembut, dan memakai bahasa yang mudah dimengerti klien.
  2. Customer Relation Office – Artinya bahwa customer service yaitu orang yang dapat membina hubungan baik dengan klien/pelanggan. Sehingga merasa puas, senang, dan juga semakin percaya. Customer service harus menyiapkan formulir ataupun brosur untuk tamu/klien, serta ikut membantu mengisi formulir.
  3. Komunikator – Dengan cara memberikan berbagai informasi dan kemudahan-kemudahan kepada tamunya, juga sebagai tempat menampung berbagai macam keluhan, keberatan ataupun sebagai tempat konsultasi.


Syarat :
  1. Menarik dari segi wajah dan penampilan.
  2. Memiliki tingga badan serta berat badan harus proporsional. Misalnya seperti: tinggi badan ideal untuk laki-laki minimal 165 cm & untuk perempuan minimal 160 cm.
  3. Memiliki kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

Job Specification
1.      Pendidikan minimum S1 IPK min. 2.75
2.      Maksimum usia 26 tahun by Naumira.com
3.      Tinggi badan minimum 160cm
4.      Penampilan menarik dan komunikatif
5.      Bersedia menjalani masa pendidikan dan ikatan dinas

3.      Administrasi Keuangan 
Administrasi Keuangan adalah fungsi kerja diberbagai bidang perusahaan dan industri yang secara umum bertangungjawab pada penyusunan anggaran, pembukuan dan laporan keuangan.
Job Desk
  1. Membuat perencanaan keuangan, mulai dari perencanaan peminjaman, penerimaan, pengeluaran, dan pembayaran.
  2. Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
  3. Mengelola uang kas, mulai dari membuka rekening, menentukan setoran, mengatur kas, menangani pembayaran atas kewajiban dan membuat catatan transaksi kas
  4. Mengelola kredit dengan mengatur tagihan-tagihan
  5. Mengurus surat berharga, salah satunya seperti menandatangi cek
  6. Bekerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang terkait sesuai dengan visi dan misi perusahaan

Syarat
  1. Memahami tentang administrasi keuangan
  2. Dapat berkomunikasi dengan baik
  3. Teliti, rapi dan cekatan dalam bekerja
  4. Rajin dan dispilin
  5. Dapat dipercaya dan bertanggung jawab
  6. Dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan
  7. Memiliki kepribadian baik dan ramah
  8. Bisa berbahasa asing menjadi nilai plus
  9. Berorientasi pada hasil kerja

Job Specification
  1. Pendidikan S1/S2 
  2. Usia maksimal 27 tahun
  3. IPK minimal 3,25 (untuk S2) atau 3,00 (untuk S1)
  4. Aktif berorganisasi dan mampu berkomunikasi dengan baik
  5. Kuat dalam analisis dan penyelesaian masalah
  6. Menguasai bahasa inggris, baik secara lisan maupun tulisan
  7. Bersedia mengikuti pendidikan selama 1 tahun dan periode ikatan dinasnya.

4.      Supervisor
Supervisor harus bertanggung jawab dalam memastikan semua pekerjaan dilaksanakan dengan baik sehingga semua proses produksi berjalan lancer seperti monitoring produksi, pengawasan anak buah, melakukan instruksi kerja, bertanggung jawab keamana, keselamatan atau kesehatan yang terancam. Ia harus mampu menalin kerja sama dengan atasan perusahaan atau dengan bawahannya agar tidak terjadi konflik

Job Desk
  1. Menyampaikan kebijakan yang disampaikan oleh jabatan di atasnya kepada seluruh bawahan dan groupnya
  2. Mengatur kelompok kerja pada grup yang dipegangnya
  3. Memberikan tugas pada subordinatenya
  4. Melaksanakan tugas, proyek, dan pekerjaan secara langsung
  5. Memberikan training pada subordinate
  6. Memimpin dan memotivasi subordinate atau bawahannya
  7. Menegakkan aturan yang telah di tentukan oleh perusahaan
  8. Mendisiplinkan bawahan/subordinate
  9. Memecahkan masalah sehari hari yang rutin
  10. Membuat rencana jangka pendek untuk tugas yang telah ditetapkan oleh atasannya.
  11. Mengontrol dan mengevaluasi kinerja bawahan
  12. Memberikan info pada manajemen mengenai kondisi bawahan, atau menjadi perantara antara pekerja dengan manajemen.


Syarat

  1. Memiliki jiwa pemimpin, motivator, leader, problem solver (mampu mengatasi masalah)
  2. Memahami masalah teknis
  3. Mengetahui dan menerapkan fungsi manajemen (POAC)
  4. Memberi contoh yang baik (Role model)
  5. Terbuka / mau menerima masukan/pendapat/kritik bahkan reminder/teguran dari bawahan
  6. Dapat mendengarkan dengan baik
  7. Terorganisir
  8. Dapat dipercaya
  9. Tegas/ Assertife
  10. Bisa memutuskan dengan baik
  11. Bisa memberikan keputusan



Job Specification
  1. Usia maksimal 45 tahun.
  2. Pendidikan minimal S1 semua Jurusan dengan IPK minimal 2,75 
  3. Pengalaman sebagai Manager Pemasaran/Sales Funding & Kredit diperbankan +/- 5 tahun.  Penampilan Menarik, Memiliki Networking dan Menyukai bekerja dengan target.
  4. Ramah, Komunikatif dan service Oriented.
  5. Memiliki kemampuan Leadership yang baik.

5.      Staff  Back Office
Back office merupakan salah satu posisi penting dari sebuah perusahaan, posisi ini sangat strategis dalam membantu kegiatan-kegiatan dalam perusahaan tersebut, untuk itu perlu tenaga kerja, karyawan yang profesional dengan keahlian yang sangat baik

Job desk

  1. Memberikan laporan yang sudah tersaji lengkap dengan menggunakan komputer lewat software khusus;
  2. Melakukan urusan utang piutang;
  3. Memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pengecekkan barang yang kurang laku untuk kemudian diganti;
  4. Mempunyai tanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemesanan barang terhadap supplier;
  5. Mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan pengecekkan barang terhadap barang yang telah mendekati kadaluarsa;
  6. Mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan pengecekkan stock barang yang nyaris habis.
Syarat
  1. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer paling tidak MS Office;
  2. Kemampuan dalam berkomunikasi yang baik
  3. Kemampuan dalam ketelitian
  4. Jujuran.

Job Specification
  1. Pria dan wanita
  2. Berwawasan luas
  3. Ipk minimal 2,75
  4. Fresh graduate
  5. Mampu berbahasa inggris
  6. Berpenampilan menarik
  7. Mampu bekerja dibawah tekanan
  8. Mamiliki kemampuan analitik yang baik
  9. Berjiwa pemimpin
  10. Mampu bernegosiasi
  11. Mampu bekerja dibawah tekanan
  12. Siap ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar